Pages

Sunday, June 3, 2018

Jonan Sarankan Pertamina Siagakan Mobil Dispenser di Terminal dan Pelabuhan

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Apfia Tioconny Billy

TRIBUNNEWS.COM, CIKAMPEK - Untuk memasok BBM pada saat musim mudik lebaran, PT Pertamina (Persero) menyiapkan 20 unit mobil dispenser yang tersebar di Jawa dan Sumatera.

Misalnya untuk kawasan MOR III yang memasok BBM di kawasan Jawa Barat, disediakan tiga unit mobil dispenser.

Nantinya mobil-mobil dispenser disiagakan di rest area di sepanjang ruas Tol Cikampek yang tidak memiliki SPBU karena mobil tangki dispender membutuhkan tempat yang lebih luas.

Baca: PPP Tolak Pelaku Cabul LGBT Hanya Masuk Dalam Penjelasan Pasal RUU KUHP

Agar lebih mudah menyalurkan BBM, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan menyarankan agar mobil dispenser tersebut disiagakan di terminal tipe A saja karena dari segi luas lahan juga lebih mencukupi.

"Kalau memang sulit cari tempat, saran saya cari terminal bus yang tipe A. Kalau di Jawa mungkin enggak sekitar 20-30 terminal. Coba dicari, tidak harus semua, misalnya terminal bus Tegal," kata Jonan di Terminal BBM Cipali, Jawa Barat, Sabtu (2/6/2018).

Baca: Posko Jokowi-Cak Imin Sudah Tembus 13 Ribu Titik Desa Di Penjuru Indonesia

Kemudian menurut Jonan dari segi kebutuhan kalau di tempatkan di terminal lebih mudah memasok ke bus-bus.

Selain di terminal bus, menurut Jonan mobil dispenser sebaiknya di tempatkan di pelabuhan di Pelabuhan Merak dan Bakauheni.

Baca: Ketua DPR Minta Manajemen PT Garuda Indonesia Tanggapi Serius Ancaman Pilot Mogok Kerja

Hal tersebut untuk menghindari kendaraan yang kekurangan bahan bakar karena kerap terjadi kemacetan di sekitar pelabuhan saat mudik.

"Kalau penuh antriannya panjang di sana, jadi tantangannya besar sekali. Ya kalau tidak ada, paling tidak ya kios lah," ungkap Jonan.

Selain mobil dispenser, Pertamina juga menyiapkan 200 unit motor kemasan, kiosk pertamax, BBM kemasan di jalur-jalur mudik.

Let's block ads! (Why?)

Kalo berita nya tidak lengkap buka link di samping buat lihat berita lengkap nya http://www.tribunnews.com/nasional/2018/06/03/jonan-sarankan-pertamina-siagakan-mobil-dispenser-di-terminal-dan-pelabuhan

No comments:

Post a Comment